hijab
Pasca Bercerai, Wajibkah Seorang Istri Menafkahi Anaknya ?

Pasca Bercerai, Wajibkah Seorang Istri Menafkahi Anaknya ?

10 Agu 2020
1034x
Writer

Hubungan rumah tangga memang tidak semuanya selalu berjalan harmonis, terkadang ada pertengkaran atau bahkan sampai pada keputusan yang berat yakni bercerai. Tentu saja perceraian adalah jalan terakhir bagi pasangan suami istri yang sudah tidak ada kecocokan lagi. Padahal akan banyak kerugian yang akan timbul pasca bercerai, terutama pasangan suami istri yang sudah dikaruniai seorang anak. Tentu ini akan berpengaruh terhadap mental sang anak pada kemudian hari, masalah lainnya yaitu tentang nafkah seorang anak pasca perceraian.

Apakah jika si anak ikut kepada istri, lalu nafkah sang anak menjadi tanggungjawab sang istri? Bagaimna hukum Agama Islam mengatur tentang ini?

Berikut ini penjelasannya;

Walaupun si anak ikut tinggal dengan sang istri atau ibunya, tanggung jawab menafkahi anak adalah murni tanggungjawab ayah kandungnya. Jika anak itu laki-laki maka kewajiban menafkahi sang anak menjadi tanggungjawab ayahnya hingga anak tersebut dewasa atau baligh.

Lalu jika dia anak perempuan, kewajiban sang ayah menafkahinya sampai anak tersebut menikah atau sudah bersuami, maka tanggungjawab memberi nafkah beralih kepada suaminya.

Lalu, apakah sang istri memiliki kewajiban yang sama untuk menafkahi anak-anaknya pasca bercerai? Tentu saja tidak, jika ayah dari anak-anak tersebut memang masih hidup. Beda kasusnya jika sang mantan suami atau ayah dari anak-anak tersebut memang sudah meninggal, maka tanggungjawab menafkahi anak-anaknya menjadi kewajiban keluarga laki-laki dari mantan suami yaitu kakek dan pamannya.

Jika semuanya tidak ada maka mau tidak mau sang istri harus bisa menafkahi anak-anak tersebut walaupun hukumnya memang tidak wajib.

Di jaman sekarang kebanyakan hukum-hukum agama tersebut sepertinya kurang ditegakkan bahkan diabaikan. Bisa karena tidak tahu atau bahkan memang tidak mau tahu hukum-hukum dalam pemberian nafkah untuk  anak pasca bercerai.

Bahkan kebanyakan pada jaman sekarang banyak para istri-istri yang mencari nafkah untuk anak-anaknya walaupun sang suami masih ada bersama sang istri.

Padahal jika sang istri menafkahi anak-anaknya dengan cara yang haram misalnya, lalu mendidik anak dengan cara yang salah maka dosa tersebut tetap dibebankan kepada sang suami dan akan diminta pertanggungjawabannya di akherat kelak.

Berita Terkait
Baca Juga:
Keistimewaan Menjadi Istri yang Sabar

Keistimewaan Menjadi Istri yang Sabar

Religi      

19 Jun 2020 | 1788


Seorang wanita yang menjadipendamping bagi suami memiliki kewajiban untuk mengabdi dan melayani segala keperluan suami. Selain itu juga menuruti perintah suami selama suami memerintah suatu ...

Tips Memulai Bisnis Busana Muslim

Tips Memulai Bisnis Busana Muslim

Bisnis Busana Muslim      

22 Okt 2018 | 2098


Rasanya mungkin sulit bagi pemula untuk memulai bisnis berjualan busana muslim. Untuk itu perlu untuk mengetahui bagaimana caranya agar dapat sukses untuk berbisinis busana muslim ini. Dan ...

Sholat dengan Suasana Sejuknya Alam di Masjid Daarul Aulia

Sholat dengan Suasana Sejuknya Alam di Masjid Daarul Aulia

Religi      

20 Jan 2022 | 552


Ingin mendapatkan suasana dengan alam yang sejuk dan tenang saat melaksanakan ibadah sholat? Silahkan berkunjung ke Masjid Daarul Aulia! Masjid ini terletak di sekitar area Gunung Putri ...

Cara Pakai Kerudung Segi Empat agar Tetap Modis

Cara Pakai Kerudung Segi Empat agar Tetap Modis

Tutorial      

1 Agu 2023 | 192


Cara pakai kerudung segi empat mudah diaplikasikan serta dikreasikan sehingga menjadi beragam model tampilan yang menarik. Berikut adalah 8 cara pakai kerudung segi empat supaya tetap modis ...

Serangkaian Produk Perawatan Herbal Skincare Yang Aman dan Terbukti Ampuh

Serangkaian Produk Perawatan Herbal Skincare Yang Aman dan Terbukti Ampuh

Kecantikan      

3 Apr 2021 | 1046


Menggunakan produk perawatan skincare bagi wanita sangat penting agar kulit tetap memiliki penampilan yang baik. Betapa tidak, penampilan seseorang dapat mencerminkan kepribadiannya dan ...

Empati dan Solidaritas: Kunci Kepedulian Sosial Mahasiswa dalam Bencana dan Krisis

Empati dan Solidaritas: Kunci Kepedulian Sosial Mahasiswa dalam Bencana dan Krisis

Pendidikan      

5 Jan 2024 | 53


Bencana alam dan situasi krisis seringkali menjadi ujian kepedulian sosial masyarakat, dan peran mahasiswa dalam merespons dan mengatasi tantangan ini menjadi semakin krusial. Sebagai agen ...

Copyright © Busana-Muslimah.com 2018 - All rights reserved