hijab
Pasca Bercerai, Wajibkah Seorang Istri Menafkahi Anaknya ?

Pasca Bercerai, Wajibkah Seorang Istri Menafkahi Anaknya ?

10 Agu 2020
504x
Writer

Hubungan rumah tangga memang tidak semuanya selalu berjalan harmonis, terkadang ada pertengkaran atau bahkan sampai pada keputusan yang berat yakni bercerai. Tentu saja perceraian adalah jalan terakhir bagi pasangan suami istri yang sudah tidak ada kecocokan lagi. Padahal akan banyak kerugian yang akan timbul pasca bercerai, terutama pasangan suami istri yang sudah dikaruniai seorang anak. Tentu ini akan berpengaruh terhadap mental sang anak pada kemudian hari, masalah lainnya yaitu tentang nafkah seorang anak pasca perceraian.

Apakah jika si anak ikut kepada istri, lalu nafkah sang anak menjadi tanggungjawab sang istri? Bagaimna hukum Agama Islam mengatur tentang ini?

Berikut ini penjelasannya;

Walaupun si anak ikut tinggal dengan sang istri atau ibunya, tanggung jawab menafkahi anak adalah murni tanggungjawab ayah kandungnya. Jika anak itu laki-laki maka kewajiban menafkahi sang anak menjadi tanggungjawab ayahnya hingga anak tersebut dewasa atau baligh.

Lalu jika dia anak perempuan, kewajiban sang ayah menafkahinya sampai anak tersebut menikah atau sudah bersuami, maka tanggungjawab memberi nafkah beralih kepada suaminya.

Lalu, apakah sang istri memiliki kewajiban yang sama untuk menafkahi anak-anaknya pasca bercerai? Tentu saja tidak, jika ayah dari anak-anak tersebut memang masih hidup. Beda kasusnya jika sang mantan suami atau ayah dari anak-anak tersebut memang sudah meninggal, maka tanggungjawab menafkahi anak-anaknya menjadi kewajiban keluarga laki-laki dari mantan suami yaitu kakek dan pamannya.

Jika semuanya tidak ada maka mau tidak mau sang istri harus bisa menafkahi anak-anak tersebut walaupun hukumnya memang tidak wajib.

Di jaman sekarang kebanyakan hukum-hukum agama tersebut sepertinya kurang ditegakkan bahkan diabaikan. Bisa karena tidak tahu atau bahkan memang tidak mau tahu hukum-hukum dalam pemberian nafkah untuk  anak pasca bercerai.

Bahkan kebanyakan pada jaman sekarang banyak para istri-istri yang mencari nafkah untuk anak-anaknya walaupun sang suami masih ada bersama sang istri.

Padahal jika sang istri menafkahi anak-anaknya dengan cara yang haram misalnya, lalu mendidik anak dengan cara yang salah maka dosa tersebut tetap dibebankan kepada sang suami dan akan diminta pertanggungjawabannya di akherat kelak.

Berita Terkait
Baca Juga:
ad duha

Surat Ad Duha untuk Pencari Rezeki

Religi      

30 Maret 2020 | 577


Membaca dan memahami serta mengetahui tafsir surat Al Quran adalah suatu hal yang dianjurkan bagi umat muslim. Salah satu surat yang dapat menambah wawasan yaitu surat Ad Dhuha yang ...

7 Drama Korea Lee Min Ho Atasi Rasa Bosan Saat Karantina Mandiri

7 Drama Korea Lee Min Ho Atasi Rasa Bosan Saat Karantina Mandiri

Gaya Hidup      

20 Mei 2020 | 549


Sudahkah menonton semua drama korea Lee Min Ho? Tidak terasa hari ini sudah memasuki bulan kedua kita melakukan karantina mandiri. Banyak sebagian orang yang memilih menonton drama korea ...

Model Trendy Busana Muslimah Cadar Terbaru

Model Trendy Busana Muslimah Cadar Terbaru

Fashion      

13 Sep 2018 | 877


Walaupun υntυk  sebagian besar mengenakan Busana Muslimah cadar masih terkesan aneh, nаmυn tak urung mеmЬυаt para pemakai ԁаn ...

Model Busana Muslimah Gamis Pesta Mewah untυk Pesta Pernikahan

Model Busana Muslimah Gamis Pesta Mewah untυk Pesta Pernikahan

Fashion      

21 Sep 2018 | 1622


Acara Busana Muslimah pesta merupakan salah ѕаtυ acara уаng umum уаng digelar, Ьаnуаk ѕеkаӏі acara уаng umumnya Ьіѕа dihadiri оӏеһ wanita muslimah ...

Merenungi Kematian

Merenungi Kematian

Religi      

20 Feb 2020 | 746


Kematian sesungguhnya adalah hakikat yang menakutkan dan pastinya akan menghampiri setiap orang. Karena tidak ada yang mampu untuk menolaknya dan bahkan tidak seorang pun kawan yang mampu ...

Tips Memulai Bisnis Toko Busana Muslimah Wanita Muda

Tips Memulai Bisnis Toko Busana Muslimah Wanita Muda

Bisnis Busana Muslim      

21 Sep 2018 | 1024


Bisnis toko busana muslimah? Kenapa tidak? Sеbυаһ realita ataupun bagaimana, уаng јеӏаѕ ԁі zaman modern іnі justru Ьаnуаk ѕеkаӏі para wanita уаng berbangga ...

Copyright © Busana-Muslimah.com 2018 - All rights reserved