rajatrafficNET
Pasca Bercerai, Wajibkah Seorang Istri Menafkahi Anaknya ?

Pasca Bercerai, Wajibkah Seorang Istri Menafkahi Anaknya ?

10 Agu 2020
166x
Writer

Hubungan rumah tangga memang tidak semuanya selalu berjalan harmonis, terkadang ada pertengkaran atau bahkan sampai pada keputusan yang berat yakni bercerai. Tentu saja perceraian adalah jalan terakhir bagi pasangan suami istri yang sudah tidak ada kecocokan lagi. Padahal akan banyak kerugian yang akan timbul pasca bercerai, terutama pasangan suami istri yang sudah dikaruniai seorang anak. Tentu ini akan berpengaruh terhadap mental sang anak pada kemudian hari, masalah lainnya yaitu tentang nafkah seorang anak pasca perceraian.

Apakah jika si anak ikut kepada istri, lalu nafkah sang anak menjadi tanggungjawab sang istri? Bagaimna hukum Agama Islam mengatur tentang ini?

Berikut ini penjelasannya;

Walaupun si anak ikut tinggal dengan sang istri atau ibunya, tanggung jawab menafkahi anak adalah murni tanggungjawab ayah kandungnya. Jika anak itu laki-laki maka kewajiban menafkahi sang anak menjadi tanggungjawab ayahnya hingga anak tersebut dewasa atau baligh.

Lalu jika dia anak perempuan, kewajiban sang ayah menafkahinya sampai anak tersebut menikah atau sudah bersuami, maka tanggungjawab memberi nafkah beralih kepada suaminya.

Lalu, apakah sang istri memiliki kewajiban yang sama untuk menafkahi anak-anaknya pasca bercerai? Tentu saja tidak, jika ayah dari anak-anak tersebut memang masih hidup. Beda kasusnya jika sang mantan suami atau ayah dari anak-anak tersebut memang sudah meninggal, maka tanggungjawab menafkahi anak-anaknya menjadi kewajiban keluarga laki-laki dari mantan suami yaitu kakek dan pamannya.

Jika semuanya tidak ada maka mau tidak mau sang istri harus bisa menafkahi anak-anak tersebut walaupun hukumnya memang tidak wajib.

Di jaman sekarang kebanyakan hukum-hukum agama tersebut sepertinya kurang ditegakkan bahkan diabaikan. Bisa karena tidak tahu atau bahkan memang tidak mau tahu hukum-hukum dalam pemberian nafkah untuk  anak pasca bercerai.

Bahkan kebanyakan pada jaman sekarang banyak para istri-istri yang mencari nafkah untuk anak-anaknya walaupun sang suami masih ada bersama sang istri.

Padahal jika sang istri menafkahi anak-anaknya dengan cara yang haram misalnya, lalu mendidik anak dengan cara yang salah maka dosa tersebut tetap dibebankan kepada sang suami dan akan diminta pertanggungjawabannya di akherat kelak.

Berita Terkait
Baca Juga:
Memilih Mukena yang Baik dan Nyaman

Memilih Mukena yang Baik dan Nyaman

Tutorial      

29 Okt 2018 | 664


Mukena merupakan barang yang biasa bagi kaum muslimah karena mukena sebagai salah satu sarana penunjang dalam melaksanakan ibadah shalat. Meskipun untuk melaksanakan ibadah shalat tidak ada ...

Tips Memilih Busana Muslimah Sesuai Syar’i

Tips Memilih Busana Muslimah Sesuai Syar’i

Fashion      

12 Sep 2018 | 686


Sіара bilang ԁеngаn berpakaian Busana Muslimah ѕеѕυаі syar’i tіԁаk mеmЬυаt perempuan mеnјаԁі cantik. Sebaliknya, ԁеngаn berbusana ...

Elegan dan Cantik dengan Mukena Prada

Elegan dan Cantik dengan Mukena Prada

Bisnis Busana Muslim      

23 Okt 2018 | 666


Mukena sebagaimana kita ketahui adalah merupakan perlengkapan shalat yang biasa dikenakan oleh umat muslim, terutama bagi para muslimah di Indonesia serta Malaysia dan kawasan Asia ...

Apa Bedanya Umat Islam Indonesia dengan Timur Tengah

Apa Bedanya Umat Islam Indonesia dengan Timur Tengah

Religi      

11 Sep 2019 | 458


Muslim Di Indonesia memiliki ciri khas yaitu kepulauan atau yang lebih dkenal dengan sebutan archipelago. Dan hal inilah yang membuat mentalitas muslim Indonesia berbeda dengan mentalitas ...

Cага Memilih Busana Muslimah Yаng Berkualitas dan Bagus

Cага Memilih Busana Muslimah Yаng Berkualitas dan Bagus

Fashion      

5 Okt 2018 | 721


Busana muslimah ѕеkагаng merupakan trend baru di masyarkat, walaupun mегеkа tіԁаk mengerjakan shalat, mегеkа memakai busana muslimah, Ьаһkаn mегеkа ԁаӏаm ...

Faedah Mengingat Kematian

Faedah Mengingat Kematian

Religi      

8 Nov 2018 | 668


Kematian tidak memandang pada usia belia, tua maupun muda dan datangnya enatah besok, entah lusa, entah kapan tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Terkadang kita melihat saudara yang ...

Copyright © Busana-Muslimah.com 2018 - All rights reserved